Pages

Wednesday 12 June 2013

CLASH OF CLANS REVIEW

Clash of Clans adalah salah satu game online paling adiktif yang ada untuk sistem iOS saat ini. Bergenre strategi online Clash of Clans mengajak gamer untuk bersama-sama membangun desa mereka, berkumpul dalam satu klan sambil silih berganti menyerang desa-desa lainnya.
Artikel ini bukanlah review untuk Clash of Clans sebab masih terlalu dini bagi saya untuk menulis review bagi game yang sekilas terlihat sederhana tapi sebenarnya memiliki strategi yang cukup dalam saat memainkannya. Iya, kalian bisa menganggap ini semacam guide pertama yang kuketik. Oleh karena itu kalau ada yang dirasa kurang berkenan mohon maaf ya, saya masih belum terlalu lihai mengetik dalam format seperti ini.
War Game
Anyhoo, let’s begin!
1. Trofi tidak penting
Paling tidak… tidak pada awalnya. Rankingmu di dunia memang ditentukan dari jumlah Trofi yang kamu miliki tetapi mengumpulkan Trofi di awal-awal permainan bukan hal yang bijak. Kenapa? Karena Supercell selaku developer game Clash of Clans memadukan lawan online dari jumlah Trofi serta level Town Hall mu. Kalau jumlah Trofimu terlampau tinggi dan pertahananmu masih lemah kamu akan menjadi bulan-bulanan para senior Clash of Clans yang mengincar emas dan elixir yang kamu kumpulkan secara susah payah.
Bagaimana cara menghindarkan kenaikan Trofi yang pesat? Caranya cukup sederhana sebenarnya. Sesekali sengajalah menyerang untuk kalah. Apabila kamu kalah berulang kali maka jumlah Trofimu akan terus turun. Berkaca dari pengalamanku jumlah Trofi yang paling enak untuk berburu emas dan elixir ada pada kisaran 500 – 700an. Asalkan kamu mengupgrade level penyeranganmu (more on this later) maka seharusnya kalian bisa menggasak dan mengambil resource mereka sebanyak mungkin.
2. Bergabunglah dengan sebuah klan
Game ini bernama Clash of Clans bukan Clash of Villages. Itu artinya ia mengikuti pepatah “bercerai kita runtuh, bersatu kita teguh“. Tujuan awalmu saat bermain adalah untuk secepatnya melakukan repair pada Clan Castle. Begitu kamu usai memperbaikinya kamu bisa bergabung dengan klan-klan lain di seluruh dunia. Bergabunglah dengan klan yang bisa membantumu tumbuh. Saya pribadi tergabung dengan klan INDONESIA LLL dan sangat bangga dengan mereka. Kenapa? Karena dalam klanku kita mengenal sistem saling berbagi.
Follow my guide!
Membagi troop dan mendapatkan troop adalah kunci utama untuk bisa maju cepat dalam game ini. Apabila rekan-rekanmu membagikan troop yang kuat kepadamu maka kamu akan bisa bertahan saat bentengmu diserang (sebab hanya pasukan donasi yang akan melindungi bentengmu). Ingat untuk selalu bergabung dengan klan yang memiliki prinsip “Donate harus. Request Wajib”. Apabila kamu bergabung dengan klan yang sok eksklusif (kalau level tidak sampai kamu tidak bisa bergabung) atau klan yang banyak aturan (cuma terima sumbangan prajurit Naga dan PEKKA) maka sebaiknya cepat keluar dan berpindah klan saja.
3. Ofensif adalah Defensif yang terbaik
Ofensif adalah hal yang paling penting dalam bermain Clash of Clans. Bangun tentaramu dan serbu rampok desa-desa tetangga. Kumpulkanlah pundi-pundimu sebanyak mungkin. Hal yang paling penting dalam game ini adalah mengupgrade storage emas dan elixirmu sebisa mungkin supaya kamu bisa menampung emas dan elixir sebanyak-banyak. Salah satu kesalahan terbesar orang awam adalah mereka justru mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari bertambang. Bertambang memang harus ada tetapi fungsinya bukan untuk mengumpulkan uang (more on this later).
Mengingat ofensif adalah hal yang penting di Clash of Clans pastikan elixirmu selalu dihabiskan untuk melakukan research di Laboratory. Dengan melakukan research maka kamu akan membuahkan pasukan-pasukan handal yang akan mempermudahmu mengobrak-abrik markas musuh dan mencuri resource mereka. Kalau storagemu sudah penuh maka kamu akan lebih mudah mengupgrade ini dan itu sesuai keinginanmu.
Choose your troops wisely
Akan tetapi defensif juga ide yang patut diperhatikan. Mortar utamanya adalah senjata andalanmu untuk menghadang musuh masuk ke dalam desamu. Seperti yang saya katakan tadi Town Hall bukanlah elemen penting jadi tempatkan ia sebagai pancingan pasukan musuh. Hal yang paling harus kamu jaga dalam game ini bukanlah Town Hall melainkan storage emas dan elixirmu. Bilapun Town Hallmu hancur, malah lebih bagus lagi. Ya kamu kehilangan beberapa trofi tetapi Shield yang mencegah serangan selanjutnya akan diaktifkan.
4. Builder
Dan untuk tips yang terakhir… Builder. Di awal game ini kamu akan diberi 2 Builder secara gratis oleh Clash of Clans. Akan tetapi mendapatkan Builder ketiga tak semudah itu. Kamu harus mengumpulkan gem sedikit demi sedikit. Masalahnya mendapatkan gem tidak semudah emas atau elixir. Kamu harus mendapatkan achievement satu demi satu, membuka pohon atau batu untuk mendapatkannya… Lama deh.
Atau kalian mau cara singkat? Beli.
Be the best in the world
Ya. Clash of Clans adalah sebuah game gratis tapi Builder merupakan sebuah pancingan untuk membelinya. Saya pribadi membeli dua Builder dengan uang saya tetapi tak berarti kalian tak bisa enjoy bila tidak membelinya. Yang jelas jangan habiskan gemmu untuk hal lain selain untuk membeli Builder’s Hut. Percayalah kalian akan membutuhkannya karena semua upgrade yang ada (pengecualian untuk riset di Laboratory) membutuhkan jasanya.
Saya rasa cukup ini dulu tips dan trik pemula dalam Clash of Clans. Sisanya tergantung dari anda sendiri. Bagaimana bentuk pertahanan / benteng yang hendak kalian lakukan, siasat untuk menyerang musuh, dan lain-lain merupakan sesuatu yang bebas kalian gunakan untuk eksperimen. Selamat bermain… dan ingat selalu “Donate harus. Request wajib“.
For the CLANNNNN!

Sumber : Tukangreview.com

No comments:

Post a Comment